Tuesday, January 13, 2015

Mengenal Sekuritas Suku Bunga


Pasar Suku Bunga
Pasar suku bunga adalah pasar dimana saudara dapat membeli dan menjual sekuritas hutang, misalnya bond, semudah Saudara membeli dan menjual saham. Pasa suku bunga beropersai dalam sistem perdagangan dan settlement yang sama seperti pasar saham. Jumalh minimum yang Saudara perdagangkan adalah $500*, tetapi jumlah transaksi yang umumnya direkomendasikan oleh broker adalah $5.000* keatas. Saat ini ada berbagai bond perusahaan, floating rate note, covertible note, dan sekuritas hybrid misalnya, saham convertible preference yang tersedia untuk perdagangan.

Alasan Mengapa Melakukan Investasi Dalam Sekuritas Suku Bunga
Ada beberapa alasan mengapa investor memutuskan melakukan investasi dalam sekuritas bunga, sebagai contoh :

1. Menerima aliran pendapatan yang stabil
2. Melindungi eksposur suku bunga dalam hutang Anda
3. Menyebar portfolio Anda dan menurunkan risiko portfolio Anda
dll.

3 Keuntungan Utama Pasar Bunga
1. Transparasi
Akses ke informasi tentang harga, pengembalian dan karakteristik yang lain dari sekuritas-sekuritas suku bunga yang berbeda membantu Anda dan penasihat investasi Anda membuat perbandingan dengan produk-produk suku bunga yang lain dan memilih sekuritas-sekuritas dengan pengmbalian yang paling cocok dengan tingkat risiko yang dipilih.

2. Kemudahan keluar masuk
Sekuritas suku bbunga diperdagangkan dalam sistem perdagangan saham disettle dalam sistem settlement saham, maka penasihat investasi Anda dapat secara mudah memasukkan order buy or sell untuk Anda dan membantu mengatur alokasi aset untuk seluruh portfolio Anda.

3. Likuiditas
Pasar suku bunga memberi akses ke jangkauan yang lebih luas dari para calon pembeli ketika Anda ingin menjual. Hal ini menciptakan harga dan secara potensial memperbaiki harga. 

Semoga Bermanfaat Untuk Semua :)
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
*dari buku lani salim
  

0 comments:

Post a Comment