Thursday, January 8, 2015

Bermain Opsi Saat Pasar Bullish


Desember dianggap sebagai bulan dimana para para pemain dan issuer saham melakukan window dressing karena ingin memperlihatkan kinerja yang bagus. Harga saham di akhir Desember selalu dipublikasikan pada laporan keuangan perusahaan dan selalu diinginkan adanya kenaikan harga saham tersebut bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Bila terjadi penurunan maka harus ada alasan yang signifikan untuk terjadinnya penurunan tersebut. Bermain Option pada kondisi ini sangat diperlukan agar keuntungan yang diperoleh.

Asumsi yang digunakan kali ini, yaitu harga saham mengalami kenaikan enam bulan kedepan. Alasannya karena adanya January Effect dimana harga saham akan mengalami kenaikan karena Fund Manager mengubah strateginya dengan menukar saham diakibatkan adanya perubahan estimasi pendapatan. 

Tindakan pertama yang dilakukan investor yaitu membeli opsi call. Investor bisa membeli opsi call tipe  Amerika dan Eropa, tetapi disarankan dengan tipe Amerika saja. Walaupun pasar diasumsikan naik terus tetapi tetap ada kemungkinan  pasar akan mengalami pennurunan dan jika hal tersebut terjadi pada akhir periode, maka akan terjadi perbedaan pada profit tipe Amerika dan tipe Eropa.

0 comments:

Post a Comment