Thursday, May 1, 2014

Menggunakan Option Untuk Meningkatkan Pengembalian Pasar Saham


Hai pembaca setia vocanomics, ini adalah trik untuk mendapatkan extra income*. Langsung aja go..go..go..

Satu dari sekian banyak setrategi yang paling sederhana dan paling umum digunakan untuk memperoleh pendapatan ekstra ( extra income ) dari saham yang dimiliki adalah dengan menulis call ter-cover**. Strategi ini dapat digunakan jika investor sudah memiliki saham yang mendasarnya dan percaya bahwa harga saham akan relatif sama terus. Menjual option call atas saham ini menawarkan kesempatan untuk memperoleh pendapatan yaitu premi. dar penjualan option  sementaramenyediakan perlindungan untuk saham jika harga jatuh. Pada saat yang sama, investor terikat dalam kontrak untuk menjual saham pada harga yang telah disepakati jika option call  di-exercise.

Contoh kasus :


Sekarang adalah bulan September dan Anda memiliki 1000 saham ABC yang Anda beli pada harga $4.00/saham. Sementara Anda percaya ( mempunyai keyakinan ) bahwa harga saham akan naik dalam jangka panjang. Anda berpikir bahwa harga saham relative sama dalam 3 bulan yang akan dating. Anda memutuskan untuk menulis option call bulan Desember pada $4.50 dan menerima pendapatan premi $0.16/saham ( maka total $0.16 X 1000 = $160 ). Jika kontrak saham naik, Anda akan dengan senang hati menjual saham dapa harga $4.50/saham, dan Anda sudah menerima pendapatan premi $160 sebagai pendapatan ekstra.


Beberapa scenario yang lain mungkin akan terjadi pada posisi Anda tadi :

  1. Harga saham tetap pada $4.00 sampai jatuh tempo, yaitu hari kamis terakhir pada bulan Desember. Dalma kasus ini option call tidak mungkindi-exercise karena pengambil option call dapat membeli saham dengan harga $4.00/saham di pasar daripada meng-exercise option call dan membayar dengan harga $4.50/saham 
  2. Harga saham jatuh ke $3.73 pada saat jatuh tempo. Jika harga saham jatuh, option call tidak mungkin di-exercise dan Anda sudah menerima pendapatan premi $160 dan tetap memegang saham Anda. 
  3. Harga saham naik ke tingkat $4.60 pada saat jatuh tempo. Pada tingkat $4.60/saham, option call akan di-exercise dan Anda akan berkewajiban menjual 1000 saham ABC dengan harga $4.60/saham, Anda sesungguhnya telah menjual saham Anda dengan harga $4.66/saham, yaitu $4.50 + $0.16. 

 

0 comments:

Post a Comment